Arsip Tag: Gnome 2.22

Gnome MacPorts gagal dicompile

Gnome versi 2.22 sudah dirilis beberapa waktu yang lalu. Sebagai pengguna Gnome, udah nggak sabar dong pengen nyicipin kayak gimana sih rilis terbarunya. Selama ini di MacBook saya sudah dipasang Gnome yang diinstal melalui MacPorts. Jadi saya menunggu-nunggu kapankah saya bisa mengupgrade Gnome 2.20 saya ke 2.22. Dalam penantian saya melakukan:

% sudo port update

dan

% port outdated

untuk mengetahui port yang sudah enggak update lagi. Paket-paket –atau dalam istilah FreeBSD-minded disebut port, untuk Gnome terdiri dari banyak sekali port. Proses upgrade ke 2.22 juga enggak langsung semua port muncul versi 2.22-nya jadi sebagian-sebagian. Nah ini yang membuat kegagalan upgrade. Suatu ketika beberapa port dari kategori Gnome sudah muncul dalam versi 2.22, ini membuat saya tergoda untuk langsung port upgrade port-port yang sudah outdated tersebut dengan perintah:

% sudo port upgrade outdated

Akibatnya malah nggak bisa jalan. Saya sudah mencoba mengaktifkan port lama, diantaranya dbus, dan mendeaktifkan port baru, tapi tetap saja nggak jalan. Setelah beberapa lama, kalo nggak salah sampai dua hari saya berkutat dengan masalah ini, akhirnya terpaksa saya lakukan:

% sudo rm -rf /opt

ket: /opt adalah direktori tempat bersarangnya MacPorts.

Hilanglah MacPorts, dan saya instal ulang MacPorts dari awal. Semua port pendukung gnome bisa terinstal kecuali: gcalctool gnome-applets gnome-control-center gnome-games gnome-mag gnome-session gnome-utils gnopernicus, akibat gcalctool gagal dicompile.

Sementara itu Metacity belum bisa diupgrade ke 2.22. Untuk Metacity saya tunggu-tunggu patchnya keluar, sampai dengan hari ini masih seperti pada gambar berikut:

outdated ports

Baiklah sebagai user saya masih harus menunggu versi Metacity-nya berubah setidak-tidaknya menjadi 2.22.0_1.